aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Aplikasi Simpatika Madrasah

Di era serba teknologi seperti ini, tentu bidang pendidikan harus mengikuti perkembangan zamannya. Dimana segala pendataan sudah melalui jaringan internet dan aplikasi. Hal ini pun membuat Kementerian Agama mau tak mau harus membuat aplikasi yang dapat mempermudah segala pendataan. Khususnya bagi madrasah yang ada di bawah naungan kemenag. Nah, untuk madrasah sendiri sekarang ini sudah ada berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk membatu pendataan madrasah, salah satunya yaitu aplikasi SIMPATIKA.

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi Simpatika? Tentu setiap guru madrasah, kepala madrasah, dan operator madrasah tentunya, sangat mengenal sekali dan tak asing lagi dengan yang namanya Aplikasi Simpatika. Aplikasi Simpatika merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag. Simpatika adalah Adalah salah satu aplikasi pendataan yang digunakan di Kemenetrian Agama terkait dengan pendataan pendidik (guru dan kepala madrasah) dan tenaga kependidikan bagi RA dan Madrasah di bawah naungan kemenag. Simpatika mengelola data terkait mutu PTK, tunjangan profesi guru, penilaian kinerja guru, pengembangan keprofesian hingga sertifikasi guru.

LAYANAN SIMPATIKA

Dikutip dari Simpatika, dijelaskan disana bahwasannya Simpatika sebagai pusat informasi pelayanan PTK Kemenag.

Pusat Layanan PTK Kemenag merupakan lanjutan dari program Padamu Negeri yang dirintis oleh Kemdikbud sejak 20 Mei 2013 hingga Juni 2015. Mulai 17 Agustus 2015, Kemenag mengembangkan secara mandiri Layanan SIM PTK Online berbasis sistem SIAP Padamu Negeri bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia

Melalui Layanan SIM PTK Online ini, Kemenag mengembangkan beragam program kerja untuk kepentingan PTK Kemenag, meliputi: Digitalisasi Portofolio PTK, Bantuan/Beasiswa PTK, Tunjangan PTK, Diklat PTK, Sertifikasi PTK, Pemetaan Mutu PTK, dan beragam program lainnya.

Proses transaksi data pada Layanan SIM PTK Online Kemenag akan melibatkan secara berjenjang dari individu PTK, Pimpinan Madrasah/Sekolah, Kantor Kemenag Kab/Kota, Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, hingga Unit-Unit Kerja Kemenag Pusat dengan terpadu.

KEUTAMAAN APLIKASI SIMPATIKA

Ada juga beberapa keunggulan dari aplikasi Simpatika ini dibandingkan dengan aplikasi madrasah lainnya. Tentu dengan beberapa keunggulan ini, beberapa pendapat meyakinkan bahwa Simpatika merupakan aplikasi yang sangat membatu untuk pendataan madrasah. Beberapa keunggulan dari Aplikasi Simpatika, diantaranya:

  • Proses cepat secara "Real Time Online"
  • Tersedia 24/7 kapan saja dan akses darimana saja
  • Otomasi Alur Kerja (Automation Workflow) minim interferensi pengguna (user)
  • Fleksibel dan modular kastemisasi menyesuaikan dengan dinamisasi regulasi
  • Akuntabel sesuai aturan (Rules by System)
  • Penerbitan legal dokumen secara elektronik digital minim kertas (paperless)
  • Pengawasan dan Pengendalian Online Terpusat

LINK LOGIN APLIKASI SIMPATIKA

Untuk PTK atau Kepala atau Operator Madrasah, ada beberapa link yang dapat digunakan untuk bisa login ke Akun Simpatika masing-masing, untuk alternatif linknya kami akan taukan dibawah, anda bisa cukup klik saja, maka secara otomatis akan diarahkan ke Dasbor halaman login Simpatika.

Berikut alternatif link untuk login Aplikasi Simpatika:

Namun, sebelum anda login. Diwajibkan bagi PTK atau Operator Madrasah untuk daftar terlebih dahulu. Untuk daftar di Aplikasi Simpatika, bisa melalui akun Kepala Madrasah atau Operator Madrasah.

Untuk alur pendaftarannya bisa dibaca alurnya disini: Alur Pendaftaran PTK Baru

FITUR APLIKASI SIMPATIKA

Untuk fitur dari Aplikasi Simpatika menurut pandangan kami sudah sangat lengkap, dari mulai di akun PTK maupun di akun Sekolah/Madrasah.

Dari fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Simpatika semua sangat membantu dan mudah untuk dioperasikan. Beda dari aplikasi madrasah lainnya.

Fitur-fitur yang ada di akun PTK misalnya:

  • Portofolio: Biodata, Keluarga, Riwayat Pegawai, Pendidikan,Karir, Diklat dan Sertifikasi, Pengawas Pembina, Cetak Portofolio
  • Administrasi: Keaktifan, Mutasi, Alih Fungsi, VerVal NUPTK, Perubahan Data Kepegawaian, Sekolah Non Induk, Jadwal Mengajar Guru Agama, VerVal NRG & Sertifikasi, Data Bantuan
  • Diklat:  AKG, PPG dalam Jabatan, Kurikulum
  • Tunjangan: SKBK & SKMT, Analisa Tunjangan, Tunjangan Insentif GBPNS

Fitur-fitur yang ada di akun Sekolah misalnya:

Sekolah, Pendidik & Tenaga Kependidikan, Siswa & Alumni, Publikasi & Dokumen, EDS, Program Dinas, dan Panduan.

Mungkin untuk penjelasan singkat mengenai Aplikasi Simpatika Madrasah dicukupkan sekian. Nanti akan kami bahas lagi hal-hal lain mengenai Aplikasi Simpatika Madrasah, baik itu turorial ataupun kabar-kabar terbaru dari Aplikasi Simpatika Madrasah.

Sekian dulu dari kami, semoga artikel kami ini memberikan manfaat dan wawasan baru bagi anda sebagai pembaca. Jangan lupa untuk Share ke Medoso anda, WA dan Facebook, Bagikan jika dirasa artikel ini penting dan bermanfaat bagi PTK lainnya. Terima Kasih

Salam Info Madrasah

Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar