aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar - Aplikasi Simpatika merupakan Aplikasi Kemenag yang bekerja sama dengan Telkom. Pada awalnya Simpatika ini bernama Padamu Negeri, namun beberapa tahun berubah nama menjadi Simpatika. Karena waktu itu Dinas memilih meninggalkan Padamu Negeri dan hanya Madrasah naungan Kemenag saja yang menggunakannya, dan akhirnya di rubah namanya menjadi Simpatika.

Setiap madrasah mempunyai akses ke Aplikasi Simpatika, bahkan PTK juga memiliki akses mandiri ke aplikasi Simpatika ini. Setiap PTK wajib mengoperasikan akun Simpatikanya masing-masing. Walau kenyataannya kebanyakan para PTK mebebankan hal itu ke Operator Madrasah.

Untuk login PTK di Simpatika sebenarnya hal yang mudah. Setiap PTK hanya perlu Username yang berupa NUPTK/PegId dan Password yang dibuat ketika membuat akun PTK. Kami disini akan memberikan cara yang mudah dimengerti oleh para PTK untuk login ke akun Simpatikanya masing-masing. Diharapkan dengan adanya penjelasan cara login PTK di Aplikasi Simpatika ini, semua PTK bisa login ke aplikasi Simpatika secara mandiri masing-masing.

Beberapa hal yang harus diketahui PTK sebelum Login ke Aplikasi Simpatika, diantaranya:

Sebelum anda Login ke Simpatika menggunakan akun PTK anda, ada yang harus ketahui sebelumnya, agar tidak kesulitan ketika login Simpatika.

Username dan Password untuk Login Simpatika

Pertama yang harus PTK siapkan adalah Username dan Password akun Simpatikanya masing-masing. Username dalam aplikasi Simpatika itu biasanya berupa NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) atau bisa juga berupa PegId. NUPTK sendiri biasanya bagi PTK yang sudah lama mengabdi di Madrasah, sebelum adanya aplikasi Simpatika itu sendiri. Sedangkan PegId ini biasanya menjadi username bagi PTK yang masih baru di madrasah dan baru daftar di Simpatika.

Untuk Password atau Kata Sandi biasanya password pertama yang kita buat ketika membuat akun Simpatika. Nah, jika Password atau kata sandinya tidak tahu, bisa minta bantuan ke Operator Madrasah untuk minta diresetkan Password akun Simpatika anda, setelah direset maka anda akan diberi kata sandi yang baru, berubah Digit Huruf dan Angka yang unik.

Alamat Login Aplikasi Simpatika

Setelah anda mendapatkan Username dan Password akun Simpatika milik anda, waktunya untuk Login ke Aplikasi Simpatika. Namun sebelum anda login, tentu anda harus mengetahui alamat link aplikasi Simpatika yang benar, jangan sampai anda diarahkan ke aplikasi lain.

Untuk itu kami siapkan Alternatif link Login aplikasi Simpatika untuk anda. Ada beberapa link yang dapat anda gunakan. Semuanya mengarah ke aplikasi Simpatika yang benar dan sesuai. Anda cukup klik linknya saja, nanti anda akan diarahkan ke Dashboard login Aplikasi Simpatika.

Berikut link Aplikasi Simpatika:

Itulah beberapa alamat link untuk login PTK ke akun Simpatikanya masing-masing.

Langkah-langkah Login PTK di Simpatika

Ketika Username dan Password untuk login ke akun Simpatika sudah diketahui dan Link aplikasi Simpatika juga sudah tahu. Maka selanjutnya adalah mengetahui langkah-langkah untuk login ke akun PTK di Aplikasi Simpatika.

Berikut Langkah-langkah Login PTK di Simpatika:

1. Pertama, buka salah satu link yang telah kami bagikan di atas. Sebagai contoh kami akan menggunakan Link Aplikasi Simpatika yang ini: https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah

2. Setelah masuk ke Dashboard Simpatika, klik "Login" dan pilih "Login PTK"

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar

3. Selanjutnya setelah terbuka panel Login PTK, silahkan masukkan Email/NUPTK/PegId dan Kata Sandi akun Simpatika anda

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar

4. Terkahir, Jika sudah dirasa benar memasukkan Email/NUPTK/PegId dan Kata Sandi akun Simpatika anda, silahkan klik "Masuk"

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar

5. Boommmm, Jika berhasil Login maka tampilan Dashboard akun Simpatika anda akan muncul seperti ini

Cara Login PTK di Simpatika yang Benar

Setelah berhasil masuk ke Simpatika denagn akun PTK anda, silahkan lakukan apa yang harus dilakukan, seperti Pembaharuan Biodata, Cek keaktifan akun Simpatika anda, dan lain-lain.

Bagaimana, mudah bukan? Begitulah Cara Login PTK di Simpatika yang Benar. Tidak ribet dan susah seprti yang orang katakan. Belajarlah untuk melakukan hal apapun sendiri, toh tak ada salahnya kita belajar walau kita belum mengerti. Jangan selalu mengandalkan Operator Madrasah anda.

Mungkin untuk penjelasan singkat mengenai Cara Login PTK di Simpatika yang Benar dicukupkan sekian. Nanti akan kami bahas lagi hal-hal lain mengenai Aplikasi Simpatika Madrasah, baik itu turorial ataupun kabar-kabar terbaru dari Aplikasi Simpatika Madrasah.

Sekian dulu dari kami, semoga artikel kami ini memberikan manfaat dan wawasan baru bagi anda sebagai pembaca. Jangan lupa untuk Share ke Medoso anda, WA dan Facebook, Bagikan jika dirasa artikel ini penting dan bermanfaat bagi PTK lainnya. Terima Kasih

Salam Info Madrasah

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar